Tuesday, 9 June 2015

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Hilang

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu Yang Hilang

Untuk mengembalikan GRUB, anda membutuhkan LiveCD Ubuntu, usahakan yang sama versinya ya dengan Ubuntu yang sedang kita gunakan/yang akan dikembalikan GRUB nya.

Contohnya, gunakan Live CD Ubuntu 10.10 untuk mengembalikan GRUB dari Ubuntu 10.10, atau gunakan Live CD Ubuntu 11.04 untuk mengembalikan GRUB dari Ubuntu 11.04, dan seterusnya.

Masukkan Live CD Ubuntu ke CD/DVD ROM laptop/PC dan booting ke Live CD tersebut. Setelah berhasil masuk ke desktop Ubuntu, jalankan Terminal dan jalankan beberapa perintah dibawah ini.

1. Anda harus menentukan dimana letak partisi Ubuntu :

$sudo fdisk -l

Pada gambar diatas (via Terminal dan Gparted) menunjukkan kalau lokasi instalasi Ubuntu saya adalah pada partisi /dev/sda7. Punya Anda mungkin berbeda, bisa saja /dev/sda5, /dev/sda6, dan lainnya.

2. Mount partisi dimana instalasi Ubuntu berada :

$sudo mount /dev/sdaX /mnt
(sdaX adalah lokasi instalasi Ubuntu anda)

3. Install grub ke partisi yang sudah di-mount tadi

$sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda

4. Update GUBR

Setelah semua langkah diatas sukses dijalankan, yang harus Anda lakukan berikutnya adalah merefresh GRUB yang baru saja diinstall.

$ sudo update-grub

Terakhir, restart komputer Anda untuk memastikan apakah GRUB sudah tampil pada saat booting. Lalu jalankan lagi sudo update-grub sampai partisi Windows Anda dikenali.

Sekian, Semoga bermanfaat

1 comment:
Write komentar